Langsung ke konten utama

Resensi Film Wall-E

Wall-E adalah sebuah judul film sekaligus nama dari sang tokoh utamanya. Wall-E merupakan sebuah robot yang diproduksi untuk melakukan press pada tumpukan sampah sehingga berbentuk kubus.
Pada permulaan film, digambarkan bahwa Wall-E sedang memilah-milah rongsokan di antara tumpukan sampah. Latar tempatnya sulit ditebak pada awalnya, sebab gersang sekali. Pada daerah tersebut banyak berdiri gedung pencakar langit, namun tidak dihuni oleh satu manusia pun.
Menit demi menit berlalu, mengungkapkan bahwa latar tempat yang gersang tersebut adalah bumi. Namun, berbeda sekali dengan situasi bumi 2018 ini.
Wall-E, dengan kebiasaannya memilah-milah rongsokan di antara tumpukan sampah pada suatu hari terkejut. Sebab, ia menemukan sesuatu berwarna hijau. Bukan benda mati, melainkan makhluk hidup. Ya, tumbuhan. Jarang sekali Wall-E menemukan tumbuhan di bumi. Ia lekas menyimpan tumbuhan tersebut di rumahnya. Ia memang sering menyimpan benda-benda yang menurutnya penting.
Sampai pada suatu hari Wall-E bertemu dengan Eva; sebuah robot yang dikirimkan ke bumi dari Axiom, pesawat luar angkasa. Eva terlihat mendeteksi seluruh tempat di bumi, sedangkan Wall-E terus mengikuti Eva. Wall-E yang tertarik dengan Eva, lantas mengajak Eva ke rumahnya. Wall-E menunjukkan hal-hal yang ia punya kepada Eva. Hal mengejutkan ketika Wall-E menunjukkan tumbuhan kepada Eva. Dengan otomatis Eva menyimpan tumbuhan tersebut pada kotak penyimpanan dalam dirinya, kemudian nonaktif.
Wall-E terus memanggil-manggil nama Eva, dan setia berada disampingnya. Ketika sebuah roket datang mengangkut Eva untuk pergi, Wall-E dengan tekadnya pun ikut naik ke roket tersebut.
Suasana pada tempat yang baru dipijaki Wall-E sangat asing baginya, yaitu Axiom. Wall-E berada di tempat yang ramai dengan manusia-manusia berbadan besar, namun tidak ada yang berjalan kaki. Semua manusia duduk di kursi yang telah disediakan. Tempat asing itu sangat terorganisir. Robot merupakan pelayan manusia di sana.
Ternyata Axiom adalah pesawat luar angkasa yang dijadikan tempat tinggal oleh manusia sebagai pengganti bumi. Dalam film ini dikatakan bahwa bumi tidak layak dijadikan tempat tinggal oleh manusia karena suhunya yang terlalu panas.
Kedatangan Eva dengan tumbuhan pada kotak penyimpanan dalam dirinya sangat berpengaruh bagi masyarakat Axiom. Sebab jika di bumi sudah terdapat tumbuhan yang bertahan, itu menandakan bahwa bumi sudah layak dijadikan tempat tinggal lagi. Artinya, masyarakat Axiom bisa kembali pulang ke bumi.


Efek Modernisasi
Kedatangan Wall-E pada planet Axiom mengisyaratkan suatu prediksi pada masa depan manusia. Semua manusia sangat bergantung pada teknologi dan makanan cepat saji.
Robot-robot seolah diciptakan untuk menggantikan pekerjaan manusia dan berakibat pada kemalasan manusia yang kian meningkat. Pembuat makanan, pembersih, pelayan, bahkan polisi adalah robot. Tenaga manusia sudah tidak dibutuhkan lagi.
Zaman milenial ini adalah tahapan menuju kepada situasi dan kondisi yang digambarkan pada planet Axiom, yaitu kondisi dimana manusia sudah tidak melakukan apa-apa lagi. Realitanya, modernisasi kian nampak dan meluas terutama di kota-kota besar. Teknologi pada zaman ini pun selalu mengalami pembaruan, dan kebutuhan manusia semakin bisa diatasi dengan cepat atas bantuan tekhnologi. Bahkan, beberapa pekerjaan sudah ditangani oleh mesin, bukan oleh tangan manusia lagi.
Tidak sebatas pada tekhnologi, bahkan interaksi antar makhluk sosial sudah tidak ada. Manusia menjadi semakin individualistik. Tidak ada yang memerhatikan lingkungan sekitar; semua fokus pada diri masing-masing.
Sarat makna ialah kata yang layak disandangkan pada film ini. Sebuah film yang dikemas dengan sebegitu apiknya, karakter yang menarik, serta dapat ditonton semua umur. Film ini seakan mengatakan “Jangan lupa untuk memelihara bumi sebelum terlambat dan jadilah manusia yang peduli dengan lingkungan sekitar”.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

SOAL ACCURATE TEORI 2015 - ANHS

1.       Yang bukan software akuntansi adalah ... A.     DacEasy Accounting B.      MYOB Accounting C.     Accurate D.    Ms.Paint E.     Zahir Acc 2.       Accurate adalah software akuntansi yang dibuat dari negara... A.     Irlandia B.      Canada C.     Australia D.    Indonesia E.     Amerika 3.       CPSSoft adalah Kepanjangan dari.. A.    Cipta Piranti Sejahtera B.      Cipta Perusahaan Sejahtera C.     Cipta Perusahaan Software D.    Cipta Piranti Software E.     Cempaka Piranti Sejahtera 4.       Eksistensi file dari program software komputer akuntansi Accurate adalah... A.     GB B.     GDB C.     Myo D.    Xls E.     Jpg 5.       Yang bukan merupakan menu tampilan awal dari Accurate adalah... A.     Buka Data Terakhir B.      Buat Data Perusahaan Baru C.    Rekonsiliasi D.    Perbaiki Data E.     Data Cadangan 6.       Menu dalam Accurate jika ingin langsung ke persiapan singkat adalah.. A.    Persiapa

Fa Man Ya’mal Mitsqala Dzarrah Khayr Yarah (kisah)

Dua malaikat berjumpa dilangit keempat. Maka berkatalah salah satu di antara mereka kepada salah satu yang lain “kemana kau akan pergi?” temannya menjawab “Untuk suatu keperluan yang aneh, yaitu bahwa dinegeri anu ada seorang yahudi yang telah dekat ajalnya. Ia ingin sekali makan ikan, padahal di laut mereka tidak ada ikan seekor pun. Maka Allah memerintahkan kepadaku supaya menghalau ikan-ikan ke tempat itu, agar mereka dapat menangkapnya. Hal ini disebabkan amal baik orang itu, Allah segera membalasnya di dunia. Nah, pada saat itu masih tinggal satu amal baik nya yang belum dibalas, karena itulah Allah mengabulkan keinginannya untuk makan ikan, supaya ia keluar dari dunia tanpa membawa amal baik sedikitpun. Malaikat pertama tadi berkata: “Aku pun diutus Allah untuk suatu urusan yang aneh juga. Yaitu bahwa di negeri anu, tinggal seorang lelaki yang saleh, setiap perbuatan jahat yang dikerjakannya, Allah segera membalasnya di dunia. Ketika ajalnya sudah dekat, orang itu mengin

Pidato - Persahabatan

Assalamualaikum wr.wb. Teman teman yang saya cintai, marilah kita panjatkan puji dan syukur kehadirat Allah Yang Maha Esa, yang telah melimpahkan rahmat dan hidayah-Nya kepada kita semua sehingga kita dapat masih bernafas pada hari ini. Pidato saya hari ini mengangkat tema “PERSAHABATAN”. Sebagaimana yang kita ketahui bahwa persahabatan itu di jalin oleh dua orang atau lebih. Persahabatan juga bisa diartikan suatu ikatan/jalinan/hubungan yang dijalin oleh dua orang atau lebih yang membuat yang menjalaninya semakin dekat satu sama lain. Layaknya hidup, persahabatan tidak selalu indah dan menyenangkan. Ada kalanya suatu hubungan persahabatan di uji oleh Allah dan ujian yang di berikan Allah bermacam-macam dan sesuai dengan kemampuan hambanya. Ada ujian yang ringan dan ada ujian yang berat. Sengaja Allah memberikan ujian karena Allah punya maksud baik dibalik itu. Maka bersabarlah dalam mengalami setiap ujian dan cobaan yang diberikan Allah kepada kita. Sebelum saya mengakhiri